Pages

Sabtu, 13 Februari 2010

TUGAS ARTICLE TEORI ORGANISASI UMUM 2 (SECURITY BANKING)

SECURITY BANKING/PENGAMANAN SISTEM BANK

Sebelum mengetahui tentang Security banking kita harus mengetahui dulu apa arti Internet banking itu sendiri.Internet banking atau perbankan internet adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank yang dapat memfasilitasi nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan melalui situs internet. Dengan menggunakan layanan ini, nasabah tidak perlu mendatangi kantor bank dan juga ATM untuk melakukan transaksi. nasabah hanya memerlukan koneksi internet dan mengunjungi situs yang telah disediakan untuk pelayanan. Setelah melakukan autentikasi pada situs tersebut, nasabah dapat melakukan transaksi yang diinginkan sesuai menu yang disediakan oleh situs. Sama halnya dengan layanan perbankan populer seperti SMS Banking, nasabah dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan pun juga asalkan tersedia jaringan
internet.Sedangkan Security banking atau pengamanan suatu bank adalah alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial di internet banking.
security banking berfungsi menghasilkan PIN yang selalu berganti (Dynamic PIN) setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial, tanpa BNI secure banking anda masih bisa mengakses layanan BNI internet banking untuk melakukan transaksi non finansial antara lain melihat Informasi saldo dan mutasi transaksi maupun mencetak hasil data keuangan kita.

Karena kebutuhan akan transaksi perbankan sudah tidak bisa di hindari lagi (ceilee bahasanya), maka saya nyoba ngedaftar lagi layanan transaksi internet banking dari bank mandiri. kalau ada yang bertanya apa fungsinya internet banking ini? Keuntungannya kita bisa melakukan transaksi perbankan, tanpa batasan waktu, kapan dan dimana saja (asal ada koneksi internet tentunya). Transfer. cek saldo, ampe beli pulsa juga bisa dilakukan sama seperti berhadapan dengan ATM atau teller asli. untuk transaksi sendiri tidak dikenakan biaya. kecuali bayar listrik kalo ga salah. jadi secara garis besar, e-banking menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bertaransaksi.

Mengenai keamanan, tenang aja brother, walau tidak mungkin ada 100% sistem itu aman, setidak nya keamanan yang digunakan pada situs sudah mengaplikasikan encryption SSL 128 bit. SSL ini singkatan dari secure socket layer, Encryption digunakan untuk mengacak data yang vital menjadi data sampah (tidak terbaca) sama seperti proses Sniffer data dan kemungkinan besar pasti ada firewall nya juga. kalau enggak apa kata dunia

Masuk proses pendaftaran daftar ada du cara. langsung di Teller isi formulir, atau cara cepat langsung lewat ATM. pilih mana terserah. kalau saya kemarin milih lewat ATM, enggak sampai 5 menit kelar. tahu caranya kan masukin kartu ,pilih menu registrasi e-banking, terus ikutin petunjuk yang ada di layar ATM gampang kok. cuma mau ingatin PIN yang kamu pilih itu panjangnya 6 digit nomor.

Keamanan pada Security banking mempunyai hal-hal yang menjadi ancamanan pada security banking antara lain phising, keylogger, dan man in the middle.
-Phising adalah upaya untuk mencuri data pribadi seperti nama pengguna, sandi lewat, dan nomor rekening dengan cara meniru sebagai instansi terkait pada jalur komunikasi elektronik. Salah satu contoh phising adalah meniru sebuah situs milik bank tempat nasabah melakukan transaksi atau mengirim surat elektronik kepada nasabah dengan berpurapura sebagai bank terkait untuk meminta data pribadi yang diperlukan. Kegiatan yang pertama lebih sering disebut dengan website spoofing.
-Keylogger adalah sebuah aplikasi yang berjalan secara tersembunyi pada sistem operasi sebuah komputer yang digunakan terutama untuk merekam aktivitas pengguna komputer tersebut. Dalam hal ini, aplikasi ini memberi ancaman yakni merekam nama pengguna serta sandi yang dimasukkan oleh nasabah pada situs internet banking. Para pemasang keylogger kemudian dapat mengambil rekaman tersebut dan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan.


INI ADALAH SALAH SATU SISTEM SECURITY BANKING BNI DALAM SUATU INTERNET BANKING:

- Menggunakan sistem keamanan standar internasional dengan enskripsi SSL128 bit oleh Verisign. SSL 128 bit (Secure Socket Layer), yaitu lapisan pertama sistem pengamanan BNI Internet Banking yang lazim digunakan dalam dunia perbankan. Dengan menggunakan SSL ini, semua data yang dikirimkan dari server BNI Internet Banking ke komputer nasabah dan sebaliknya selalu melalui proses enkripsi (acak secara sistem) dengan menggunakan sandi 128-bit yang hanya diketahui oleh komputer nasabah dan server BNI Internet Banking. Dengan demikian, pihak-pihak lain tidak akan dapat mengartikan transmisi data tersebut apabila menerimanya.
- Pengamanan pintu akses BNI Internet Banking dengan firewall.
- Proses registrasi Layanan BNI Internet Banking dilakukan melalui BNI ATM menggunakan PIN BNI Card.
- Proses aktivasi melalui www.bni.co.id atau langsung ke https://ibank.bni.co.id menggunakan PIN registrasi dan nomor BNI Card yang digunakan untuk registrasi di BNI ATM.
- User ID dan Password dibuat oleh Pengguna saat aktivasi BNI Internet Banking, berupa kombinasi alphabet dan numeric (alphanumeric).
- Password BNI Internet Banking dapat diubah kapan saja oleh Pengguna BNI Internet Banking.
- Sistem BNI Internet Banking dilengkapi dengan session time out dimana akan otomatis Log Off.
- Alat tambahan untuk transaksi finansial menggunakan BNI e-Secure yang akan menghasilkan kombinasi angka yang berubah-ubah (dynamic PIN) setiap kali Pengguna melakukan transaksi.
PIN BNI e-Secure dibuat oleh Pengguna dan digunakan setiap kali mengaktifkan/ menyalakan BNI e-Secure
- BNI e-Secure akan otomatis mati apabila tidak digunakan dalam waktu 45 (empat puluh lima) detik.
- Pemblokiran layanan BNI Internet Banking dilakukan oleh Pengguna melalui permintaan kepada BNI PhonePlus melalui BNI Call.
- Limit transaksi finansial per hari dibatasi.
- Bukti transaksi BNI Internet Banking dapat dicetak dan atau disimpan sesuai keperluan pengguna.


APAKAH KELEBIHAN LAYANAN SECURITY BANKING BNI DI DALAM INTERNET BANKING:

- Hemat waktu, melakukan aktivitas perbankan cukup menggunakan personal computer atau laptop yang dilengkapi dengan koneksi internet
- Kapan saja, tak terbatas waktu untuk bertransaksi atau sekedar melakukan cek saldo dan melihat mutasi rekening
- Dimana saja, dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun selama ada akses ke Internet
- Mudah, menu transaksi jelas dengan navigasi yang simple, walaupun baru pertama kali menggunakannya
- Aman, dilengkapi sistem keamanan berlapis, yaitu Nasabah Pengguna melakukan akses dengan User ID dan Password BNI Internet Banking dan untuk melakukan transaksi finansial Nasabah Pengguna wajib menggunakan BNI e-Secure.
- Satu akses untuk semua produk, dengan login hanya menggunakan User ID, Anda dapat sekaligus mengakses seluruh produk BNI yang Anda miliki dalam satu Customer Information File di BNI.
- Registrasi mudah, registrasi melalui BNI ATM selanjutnya Anda bisa langsung melakukan proses aktivasi Layanan BNI Internet Banking melalui www.bni.co.id yang hanya dilakukan satu kali dan langsung dapat mengakses Layanan BNI Internet Banking seperti cek saldo dan melihat mutasi rekening Anda.

jadi dalam kesimpulan security bangking :
Dengan menggunakan fasilitas Security Banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan internet.Karena dalam internet banking tersebut akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang sudah banyak disediakan oleh bank-bank di Indonesia.Akan tetapi fasilitas ini rawan serangan keamanan seperti phising, keylogger, dan man in the middle. Oleh karena itu dengan menggunakan implementasi kriptografi berupa security token, maka kerahasiaan dan kepentingan nasabah dapat dilindungi dengan baik untuk meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar