Pages

Minggu, 01 April 2012

Kriteria Manajer Proyek Yang Baik

Dalam sebuah proyek manager saat diperlukan dalam bidangnya, maka dari itu sebelum kita mengetahui kriteria manajer yang baik kita harus mengetahui peran manager itu sendiri.

Pengertian
Manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Manager proyek di perlukan karena dalam suatu proyek diperlukan seseorang yang dapat merencanakan, mengatur dan mengarahkan proyek tersebut, memanajemen waktu dan biaya, serta mengolah sumber daya yang ada untuk mencapai hasil yang diharapkan. Kesuksesan suatu proyek tergantung dari siapa yang mengelolanya. Fungsi manajer proyek yaitu Membuat kerja (Mengagendakan pekerjaan), Menjadwal kerja (Diagram PERT dan Grant) dan Bertanggung-jawab atas hasil kerja. Kompetensi yang harus dimiliki manajer proyek yaitu Kompetensi pencapaian bisnis, Kompetensi pemecahan masalah, Kompetensi Pengaruh, Kompetensi Manajemen diri dan orang lain.

Setidaknya ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:

1.Karakter Pribadinya
2.Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
3.Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin

Karakter Pribadinya
1.Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
2.Mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
3.Memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja.
4.Asertif
5.Memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.

Dalam konteks itu, sebenarnya ada banyak kriteria pemimpin yang baik, termasuk manager yang perlu dipertimbangkan dan dipilih nantinya. Beberapa kriteria tersebut antara lain :
1. Kapabelitas, yaitu memiliki kemampuan yang memadai, baik dari sisi intelektual, leadership, manajemen dan sebagainya.
2. Kredibelitas, yaitu selama ini orang tersebut memiliki track record yang baik, seperti jujur, komitmen yang tinggi, amanah, terpercaya, tidak arogan, bisa kerja sama, menghargai dan sebagainya.
3. Akseptabilitas, yaitu dapat diterima dan dapat diapresiasi oleh semua golongan.

Sumber: http://www.setiabudi.name/archives/990
http://bambang.staff.uii.ac.id/2009/04/03/kriteria-pemimpin-yang-baik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar