Pages

Minggu, 27 Maret 2011

Cara mengatur emosi saat berada di kantor

Ketika seseorang atau sesuatu di kantor membuat kamu naik darah, bagaimana kamu meredakannya tanpa perlu mempengaruhi karir kamu? Pelajari bagaimana mengontrol reaksi hingga segala sesuatu yang membuat kemarahan kamu lebih mudah teratasi dibanding yang kamu pikirkan.

Berikan diri kamu waktu istirahat.
Jika kamu berada dalam situasi dimana kamu hampir terpancing emosi, lakukan apapun yang kamu harus lakukan dengan tenang, tinggalkan situasi tersebut, misalnya minta ijin tinggalkan rapat, ambilah udara segar, jalan-jalan ke ruangan lain atau menemui seorang teman di lantai lain. Kesempatan ini adalah waktu bagi kamu untuk meredakan emosi. Kamu akan merasa jauh lebih baik dan dapat mengatasi apapun yang membuat kamu marah.

Mengarahkan kembali perhatian kamu.
Salah satu cara lain mengatasi emosi di kantor adalah mengarahkan kembali perhatian mental kamu dari aktivitas yang tidak dikehendaki dengan sebuah pengganti misalnya aktivitas atau pikiran yang jauh lebih positif.

Jangan biarkan amarah keluar.
Tidak pernah diterorir sebuah kemarahan terjadi di kantor. Bukan saja hal ini menujukan lemahnya kontrol diri, juga merupakan petunjuk ketidakdewasaan kamu dalam mengontrol emosi. Cobalah ambil napas dalam karena oksigen ekstra akan membuat kamu segar dan santai dan juga memperlambat aliran adrenalin .

Jangan coba-coba memakai kekuatan fisik.
Mendorong, meninju atau kekerasan fisik lain bukan sebuah solusi malah akan membuat masalah semakin besar. Jika ini terjadi bukan saja akan merusak reputasi kamu namun bisa jadi pekerjaanpun akan melayang.

Perlakukan orang lain seperti kamu perlakukan diri sendiri.
Ini merupakan pepatah bijak yang bisa kamu praktekan untuk menghindari emosi terhadap orang lain. Dengan memperlakukan orang lain dengan cara yang penuh hormat, kamu pun akan mendapatkan hal serupa.

Sumber: semprot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar