Pages

Minggu, 04 April 2010

UBUNTU LINUK – DISTRO LINUX YANG UNIK

Anda pernah mendengar suatu distro Linux yang bernama Ubuntu???

Ya, suatu distro linux yang unik ini mempunyai banyak cerita dalam sejarah pengembangannya. Kata Ubuntu berasal dari bahasa "Bantu" di Afrika Selatan, yang secara singkat dapat diartikan sebagai kemanusiaan untuk semua orang. Konsep ini diterapkan pada distribusi Linux yang pengembangannya disponsori oleh Canonical Ltd, yang didirikan oleh Mark Shuttleworth, seorang enterpreneur berkebangsaan Afrika Selatan dan Inggris. Mark sendiri adalah mantan developer Debian.

Target yang ingin dicapai oleh Ubuntu adalah pengguna yang mementingkan kemudahan penggunaan dan instalasi, serta ingin mendapatkan software dan teknologi terbaru. Selain mudah, Ubuntu juga sangat mementingkan aspek kesederhanaan dengan hanya menggunakan media berupa satu CDROM untuk instalasi standar. Bagi pengguna yang masih ragu mencoba mengisntal Linux, CDROM instalasi Ubuntu juga datang dengan fungsionalitas Live Linux, sehingga bisa di boot dan digunakan tanpa harus menginstalnya telebih dahulu. Setelah pengguna mencoba melakukan instalasi, pengguna tersebut bisa menggunakan installer grafikal yang mudah digunakan.

Mengingat perkembangan dunia Linux yang sangat pesat, hadirnya teknologi terbaru memang sangat menarik. Walau, terkadang memasukkan teknologi terbaru dan mengaktifkannya mengharuskan user untuk memilikki spesifikasi komputer yang relatif tinggi. Ubuntu juga mempunyai komunitas di berbagai forum-forum Internet, biasanya membhasa tentang software, setting atau konfigurasi, aplikasi tambahan, dan rilis-rilis Ubuntu,dll. Komunitas tersebut dapat membantu anda jika mengalamai kesulitan dalam menjalankan Ubuntu.

Yang menjadi nilai lebih dari Ubuntu adalah antar-muka grafis yang memukau dan indah sehingga user yang menggunakannya pun mejadi penasaran dengan apa yang disediakan Ubuntu. Dan yang pasti Ubuntu mempunyai versi system operasi yang open source, dan 100% legal, tanpa harus takut dengan masalah lisensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar